menggunakan gsoap di opensolaris

Proyek terbaru saya mengharuskan saya untuk bermain dengan web service. Tidak seluruhnya saya bangun tetapi hanya sebagai front-endnya (back-endnya dikerjakan oleh vendor yang lain). Jadi saya menerima file wsdl yang berisi fungsi-fungsi dan tipe-tipe data yang ada dalam web service. Proyek ini menggunakan bahasa pemograman C karena target mesin livenya adalah dumb terminal. Setelah mencari di google akhirnya saya menemukan cara penggunaan web service dengan menggunakan bahasa pemograman C, gsoap.

Di repositori IPC standar opensolaris tidak ditemukan package gsoap. Tapi kalau dilihat lebih lanjut lagi ternyata ada package gsoap di repositori IPC yang pending. Dimana repositori pending itu merupakan repositori yang package-packagenya masih dalam pengembangan alias masih beta.

Dengan nekat saya mencoba menginstal gsoap yang masih beta tersebut di laptop saya. Langkah pertama tentu saja mengeset repositori IPC yang pending.

pfexec pkg set-authorithy -O http://pkg.opensolaris.org/pending/ pending

setelah proses setting respositori selesai. lalu install package gsoap

pfexec pkg install gsoap

Instalasi gsoap sudah beres. Kita bisa menggunakan gsoap di opensolaris.
Catatan :
Pada saat mengompile program C akan ada error yang mengatakan tidak ditemukan library socket.h untuk mengatasinya masukan linkage socket, dan nsl. contoh :

gcc -o test main.c -lgsoap -lsocket -lnsl

Leave a Reply

