Command Linux Buat Newbie

linux pinguinSaat ini hampir semua distribusi linux menggunakan GUI sebagai tampilan defaultnya. Hasilnya pengguna zaman sekarang yang baru mengenal linux ,bahkan baru pertama kali meng-install linux, hampir dikatakan tidak sempat menemukan yang namanya terminal atau command interpretor walaupun masih ada di default instalasi dari distribusi linux tapi jarang digunakan oleh pemula tersebut. Padahal terminal tersebut adalah cikal bakal dari linux yang sekarang dan terminal tersebut adalah senjata utama bagi para pengguna linux dalam menjalankan sistem operasi linux tersebut. Command Linux yang sangat penting dalam pengoperasian linux ,khususnya bagi pengguna baru sistem operasi linux, adalah sebagi berikut :

  • man : perintah ini sangat berguna untuk memberi informasi apa kegunaan dan bagaimana menggunakan perintah yang dimaksudkan oleh kita. Contoh man cat, contoh tersebut akan menampilkan kegunaan dan bagaimana menggunakan perintah cat.
  • chmod : perintah ini akan merubah hak akses file yang dimiliki oleh user. Perintah chown mempunyai dua cara penggunaan yaitu dengan menggunakan hak akses dengan string atau menggunakan hak akses dengan numerik. Untuk menggunakan hak akses dengan string mempunyai skema chmod ugo+/-rwx file dimana ugo merupakan penggolongan dari pengguna file (u=user, g=group, o=other) sedangkan +/- adalah apakah hak akses akan ditambah (+) atau dikurangi (-) dan rwx adalah hak akses yang akan di tambahi atau dikurangi dimana r adalah hak akses membaca, w adalah hak akses menulis, dan x adalah hak akses mengeksekusi Contoh chmod ugo+rwx foo yang artinya berikan hak akses untuk file foo bisa dibaca, ditulis, dan dieksekusi untuksemua orang (ugo = semua orang yang menggunakan terminal ini). Sedangkan hak ases dengan numerik mempunyai skema chmod 777 file dimana angka 777 mempresentasikan hak akses bagi pengguna file tersebut dimana 7 pertama adalah hak akses untuk user, 7 kedua adalah hak akses untuk group, dan yang ketiga adalah hak akses oleh other (orang lain). Dan sedangkan 7 mempresentasikan penjumlahan dari angka masing-masing hak akses, 4 untuk hak akses membaca, 2 untuk hak akses menulis, dan 1 untuk hak akses mengeksekusi. Contoh chmod 744 foo , yang artinya memberikan hak akses kepada file foo dengan hak akses user bisa membaca, menulis, dan mengeksekusi. dan hak akses group yang sama dan hak akses other hanya bisa membaca saja.
  • mount : perintah mount bertujuan untuk memuat file system yang berada di device ke dalam sistem linux kita. Perintah ini sangat diperlukan dalam pengoperasian linux sehari-hari. Untuk menggunakan perintah mount ini sangat sederhana kita hanya perlu path device yang ingin kita mount dan ingin path yang ingin kita masukan file system device. contoh mount /dev/cdrom /media/cdrom perintah ini mempunyai arti memuat isi cdrom ke direktori /media/cdrom. contoh ini contoh yang sederhana yang banyak dipakai untuk pengoperasian sehari-hari untuk pengetahuan lebih lanjut bisa dilihat di sini.
  • umount : perintah ini mengeluarkan file system device dari sistem linux kita. perintah umount sederhana hanya memerlukan path yang sebelumnya telah kita mount. contoh umount /media/cdrom perintah ini mempunyai arti mengeluarkan file system device dari sistem linux yang berada di direktori /media/cdrom.

Semua perintah diatas adalah ,menurut opini saya, perintah yang harus dikuasi oleh pengguna baru dari sistem operasi linux untuk melakukan pengoperasian standar sehari-hari. Untuk lebih jelasnya situs ini menjelaskan perintah-perintah yang lebih lengkap bagi pemula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s