Understanding Solaris OS

Sekitar sebulan yang lalu saya mendapatkan OS solaris. OS itu saya dapatkan dari hasil order ke sun dari situ saya mencoba install solaris kePC saya. Pertama kali install saya kehilangan semua data di harddisk saya. Jadi pada saat instalasi solaris mengambil semua sector di hardisk alih-alih mengambil space yang masih kosong. pertama kali saya mengetahui kalo data di harddisk semuanya hilang saya shock, untung saja tidak terlalu shock karena beberapa minggu sebelum instalasi banyak data yang telah backup terlebih dahulu.
Di karenakan saya malas banyak instalasi terutama Windows yang harus instalasi sana sini agar bisa jalan sempurna maka saya meniatkan diri untuk tidak meng-install windows untuk saat ini, atau untuk selamanya. Akhirnya PC saya install Solaris dan Linux. Untuk Linux saya install distro Fedora 7, kebetulan dapat dvd instalasi gratis dari majalah infolinux.

Setelah beberapa kali percobaan instalasi akhirnya saya bisa memakai dual boot di pc saya. Dari situ saya mulai mendapat pencerahan, bagaimana kalau saya belajar tentang Solaris??. Niat sudah ada tinggal implementasinya gimana. Setelah searching sana sini akhirnya saya dapet juga buku mengenai tetek bengek solaris, walaupun hanya solaris 10.

Beberapa hari kemudian saya mulai membaca buku nya, judulnya Solaris 10, the complete references. Sedikit-sedikit lumayan ngerti apa itu solaris dan apa bedanya dengan sistem operasi lain.

Solaris mengambil core dari Unix maka kalau kita lihat di Solaaris akan kita lihat filesystem dan kinerja sistem operasinya mirip dengan Unix. Solaris mengadopsi keunggulan System V dan BSD Unix. Sehingga bisa dikatakan bahwa Solaris adalah system Hybrid. Selain itu beberapa keunggulan solaris adalah solaris merupakan sistem operasi yang didedikasikan untuk kebutuhan enterprise. Beberapa keunggulannya adalah dapat melakukan grid computing, yaitu beberapa server dapat berkolaborasi dalam menyelesaikan tugas.

Kedepannya saya akan banyak ngebahas sistem operasi solaris. semoga bermanfaat bagi semuanya. Khususnya saya.

7 thoughts on “Understanding Solaris OS

  1. minta referensi buku solaris donk,,,

    gw baru mulai kerja,di kantor pke solaris bwt maintenance servernya

    secara gw masi buta apa itu solaris jd gw mw cari bukunya

    balesnya via email aj

    thanks

  2. wah kebetulan saya baru mengalami hal serupa…saya kehilangan semua data saya di harddisk….

    Boleh tanya gak?? cara bikin dual boot antara solaris n Windows atau solaris n linux gimana??

    saya belum tau caranya….

    ohnya boleh minta referensi buku solarisnya??

    bales ke email yah!!

    ditunggu banget…

  3. Mo nanya nih cara bikin dual boot antara solaris n Windows atau solaris n linux gimana??

    saya belum tau caranya….

    ohnya boleh minta referensi buku solarisnya??

    bales ke email yah!!

    Mksih

Leave a Reply

