Multi Boot Solaris & linux

Saya selama seminggu ini mencoba untuk mengkonfigurasi PC saya agar bisa multiboot termasuk didalamnya sistem operasi solaris.

Setelah dicari-cari akhirnya saya mendapat sebuah referensi dari blog yang khusus untuk sistem operasi linux dan tetek bengeknya.

Untuk membuat multiboot yang perlu dilakukan adalah mempartisi harddisk

partisi yang saya lakukan adalah sebagai berikut

/dev/hda1 / 15GB

/dev/hda2 /home 20GB

/dev/hda3 swap 1025 MB

tidak terpatisi 30GB

untuk sistem operasi linux saya gunakan fedora 7 dan untuk sistem solaris saya menggunakan solaris 10.

pertama yang dilakukan adalah install fedora 7 terlebih dahulu. setelah selesai kita kopi isi yang berada di file /boot/grub/menu.lst kita kopi tiga baris yang menunjukan image boot fedora 7 misal :
root (hd0,1)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.9-1.667 ro root=LABEL=/ rhgb quiet
initrd /boot/initrd-2.6.9-1.667.img

setelah dikopi, kita install solaris. usahakan partisi yang digunakan partisi yang tidak terpakai. setelah selesai kopi tiga baris tadi ke /boot/grub/menu.lst .

setelah restart kita bisa menggunakan multiboot solaris dan linux.

One thought on “Multi Boot Solaris & linux

  1. Pingback: Understanding Solaris OS « SIGG BOTTLES

Leave a Reply

